Kamis, 28 Maret 2013

Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar



TUGAS MAKALAH PENGANTAR ILMU KOMPUTER

SISTEM KOMPUTER








NAMA       : MISMONO
NIM           : H1BO12016
DOSEN      : MUTIA NUR ESTI






KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK
JURUSAN MIPA
PROGRAM STUDI MATEMATIKA
PURWOKERTO
2013

 

I

PENDAHULUAN


A.   LATAR BELAKANG

            Siapa yang tidak mengenal komputer? Piranti cerdas yang multi fungsi ini tidak lepas dari kehidupan sehari-hari kita. Oleh karena perannya yang sangat membantu pekerjaan manusia, hingga para ahli mengembangkan teknologi berbasis sistem operasi ini dari mulai segi software, hardware, hingga segi pendukung yang lain. Dari jaman ke jaman, berbagai perkembangan telah terjadi pada komputer, mulai dari packaging yang sekarang sudah portable hingga kinerjanya yang semakin harisemakincepat.
            Pengertian dari komputer sendiri adalah sebuah peralatan elektronik, yang beroperasi dibawah kendali perangkat lunak ( sistem operasi ) yang bisa menerima data input, bisa memanipulasi data (processing) dan menghasilkan informasi (output). Kinerja suatu komputer saling mendukung antara hardware dan software yang didukung oleh brainware, yaitu user atau manusia. Dalam makalah ini, akan dibahas lebih lanjut tentang pengertian system computer, elemen dari system computer, serta jenis jenis dari system computer.

B.    TUJUAN

            Tujuan dari makalah ini yaitu :
1.      Mengetahui pengertian dari sistem komputer.
2.      Dapat membedakan fungsi atau tugas dari Brainware, Software, dan Hardware.
3.      Dapat menyebutkan contoh dari Brainware, Software, dan Hardware.
4.      Dapat menyebutkan fungsi fungsi setiap komponen pada komputer.
5.      Dapat memahami konsep dasar pada komputer.





II
                                     ISI      

A.   PENGERTIAN SISTEM KOMPUTER
            Sistem adalah suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan. Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari elemen Hardware, Software, Brainware, Data, Prosedur dan Komunikasi, yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi. Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.
            Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), data, prosedur, dan komunikasi.. Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).


B.   KOMPONEN SISTEM KOMPUTER

1.  BRAINWARE KOMPUTER

Brainware komputer adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan yaitu :

a.  System Analyst

            System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang system analyst harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang system analyst untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan.
Keahlian teknis akan membantu seorang system analyst untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang system analyst untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administrator dan profesi sistemlainnya


b. Programmer

Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.


c.  Administrator

            Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.


d. Operator

            Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.


            Empat tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya dalam bidang IT masih banyak brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi, Graphic Designer, Spesialis Jaringan, dll. Namun itu semua tidak wajib harus Anda ketahui, yang wajib Anda ketahui cukup 4 tingkatan ini.






2. SOFTWARE KOMPUTER


            Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.
            Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah

Fungsi Software:
·      Mengidentifikasi program,
·      Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan terkontrol,
·      mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien

            Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program computer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna computer untuk diteruskan ke atau dip roses oleh perangkat keras. Dilihat dari fungsinya, perangkat lunak komputer terbagi menjadi dua kategori, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. 
            Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan komponen-komponen perangkat keras komputer, perawatan mapupun pemrogramannya. Perangkat lunak sistem meliputi :


1. Perangkat Lunak Sistem

a.       Sistem Operasi
Sistem Operasi atau Operating System adalah perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi.
Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi- Perangkat lunak juga disebut piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Program komputer atau sering kali disebut sebagai program, merupakan suatu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa program tertentu dan telah ter-install di dalam komputer. Program komputer merupakan contoh perangkat lunak komputer yang menuliskan aksi komputasi yang akan dijalankan oleh komputer. Komputasi ini biasanya dilaksanakan berdasarkan suatu algoritma atau urutan perintah tertentu. Urutan perintah atau algoritma merupakan suatu perangkat yang sudah termasuk dalam program komputer tersebut.Tanpa algoritma tersebut program komputer tak dapat berjalan dengan baik.
            Berdasar fungsi tersebut, perangkat lunak atau operating system merupakan penengah antara perangkat keras dengan perangkat lunak yang telah dibuat oleh pengguna komputer. Perangkat lunak ini dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu tingkatan program aplikasi (misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (misalnya Microsoft Windows), tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan), perangkat lunak utility, dan perangkat lunak program paket.

            Istilah sistem operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Sistem operasi merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer. Sistem operasi berperan sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Sistem operasi dibuat untuk mengendalikan kerja komputer secara mendasar, yaitu melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka sistem operasi mengatur jadwal yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
            Operating System (OS) diperkenalkan pertama kali dan dikembangkan untuk komputer IBM 701 pada tahun 1945. Pada waktu itu, tujuan utama dari OS adalah untuk mengurangi waktu menganggur (idle time) dari CPU dan digunakan untuk menjalankan beberapa tugas komputer bersama-sama dengan cara dikumpulkan terlebih dahulu. Fungsi utama sistem operasi (Agung Setiawan,2003) adalah sebagai berikut.

1) Menyimpan program dan aksesnya.
2) Membagi tugas di dalam CPU.
3) Merekam sumber data.
4) Mengatur memori termasuk menyimpan, menghapus, dan mendapatkan data.
5) Memeriksa kesalahan sistem.
6) Memelihara keamanan sistem khusus pada jaringan yang memerlukan password (kata kunci).
            Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi beberapa kelompok besar di antaranya adalah sebagai berikut.
1)      Ms-DOS (Microsoft Disk Operating Sistem) dan PC-DOS (Personal Computer Disk Operating Sistem)
            DOS merupakan sistem operasi yang awalnya dipakai pada IBM PC (disebut dengan PC-DOS) dan PC yang compatible dengan IBM PC (disebut dengan Ms-DOS). Saat ini, sistem DOS tidak lagi digunakan.

2)      Windows
            Sistem operasi dengan antarmuka grafis yang dibuat oleh Microsoft memiliki kemampuan multitasking dan dapat digunakan untuk membentuk kerja tim (workgroup) dengan membuat jaringan sederhana, serta dapat digunakan sebagai klien dalam client/server. Sistem operasi ini mendukung plug and play, yaitu suatu kemampuan yang secara otomatis dapat mengkonfigurasi perangkat keras baru yang ditambahkan ke dalam sistem komputer. Contoh dari sistem operasi ini adalah Windows 95, 98, ME, XP, Windows Vista. Windows lain yang dapat digunakan untuk server dan dapat mendukung multitasking serta multiprosesing adalah Windows NT (New Technology) dan Windows 2000. Penanganan dalam proses sistem operasi dikenal beberapa istilah, seperti multiprogramming, multitasking, penyimpanan virtual, time sharing, dan multiprocessing.

Multiprogramming adalah suatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah komputer dan berbagi sumber daya dalam waktu yang berlainan. Sebagai contoh dalam suatu waktu sebuah program menggunakan CPU, sedangkan program yang lain menggunakan printer.

Penyimpanan Virtual adalah suatu metode yang menangani sejumlah program dengan membagi program-program tersebut ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil dan berukuran sama dengan hanya sebuah bagian dari setiap proses yang disimpan dalam memori utama per satu waktu. Metode ini diterapkan dalam windows.

Multitasking adalah suatu kemampuan yang memungkinkan seseorang pemakai menjalankan sejumlah program dalam waktu yang sama. Cara seperti ini umum dalam sistem PC. Dengan menggunakan sistem operasi windows, seseorang dapat menjalankan program Excel untuk menghitung dan membuat tabel sekaligus menjalankan Word untuk membuat dokumen. Pemakai dapat berpindah dari satu program ke program yang lain dengan mudah dan setiap program tetap dieksekusi oleh CPU.
Multiprocessing adalah suatu kemampuan sistem operasi yang menjalankan dua atau lebih instruksi secara serentak dengan menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah komputer. Dengan sistem seperti ini sebuah sistem operasi dapat mengatur agar sejumlah CPU menjalankan instruksi-instruksi yang berbeda yang terletak dalam sebuah program dalam waktu yang sama.

3). Novell NetWare
            Novell NetWare merupakan sistem operasi LAN (Local Area Network) atau jaringan lokal yang sangat terkenal sebelum Windows NT muncul.

4). OS/2
            OS/2 adalah sistem operasi untuk IBM PC dengan antarmuka grafis yang mendukung multitasking dan networking. Namun, sistem operasi ini kurang begitu populer di Indonesia.

5). UNIX
            UNIX adalah keluarga sistem operasi yang dapat digunakan untuk berbagai platform komputer dari PC hingga mainfram. Beberapa contoh sistem operasi yang termasuk UNIX adalah AIX (IBM), digital Unix (DEC), dan solaris (sun microsystem) di lingkungan PC, antara lain terdapat solaris dan SCO Unix.

6). Linux
            Sistem operasi semacam UNIX ini diciptakan oleh Linus Torvalds. Sangat populer di lingkungan PC dan telah menjadi pesaing Windows sejak tahun 1990-an. Sistem operasi ini tergolong open source. Kelompok sistem operasi di atas menjadi dasar terpakainya program aplikasi seperti Ms. Word, Ms. Excel, Ms. PowerPoint, Adobe Photoshop, Adobe PageMaker, CorelDraw, dan lain-lain



b.    Bahasa Pemograman
            Bahasa pemrograman adalah instruksi dan aturan-aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk dapat melaksanakan tugas. Fungsinya adalah menyuruh komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman adalah berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan. Penentuan jenis bahasa tidak ditentukan oleh trend namun lebih kepada kesesuaian antara masalah yang hendak dipecahkan dengan kelebihan dari suatu
bahasa pemrograman. Misalkan, untuk membuat suatu aplikasi mengenai kecerdasan buatan, lebih tepat jika menggunakan bahasa pemrograman logik, seperti Prolog.

Secara umum terdapat 4 kelompok Bahasa Pemrograman, yaitu :
1.    Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
2.    High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
3.    Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
4.    Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

c.       Program Utility
Program Utility adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer. Selain perangkat lunak sistem, komputer membutuhkan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi membantu manusia menyelesaikan pekerjaan pada bidang tertentu.
            Contoh perangkat lunak aplikasi adalah pengolah presentasi. Microsoft PowePoint yang berguna untuk membuat slide-slide presentasi. Ada pula Microsoft Word yang digunakan untuk mengolah kata, sedangkan Microsoft Excel digunakan untuk mengolah tabel, angka, perhitungan-perhitungan baik matematik maupun statistik


2.  Perangkat Lunak Aplikasi
            Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (application programm) merupakan program khusus yang digunakan untuk aplikasi bidang tertentu. Program ini sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan khusus. Banyak program aplikasi yang sudah beredar antara lain contohnya sebagai berikut :
a.      Program apalikasi pengolah kata
            Program aplikasi pengolah kata digunakan untuk pengolahan naskah-naskah, seperti surat menyurat, buku diktat, proposal laporan kegiatan, media informasi, dan lainnya. Beberapa contoh program pengolah kata : Microsoft Word, Word Perfect, Adobe Page Maker, Chi Writer, dan lain-lain.
b.      Program aplikasi pengolah angka
            Perangkat lunak atau program aplikasi pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyelesaikan pengolahan berbagai data kuantitatif (angka) yang relatif cepat dan akurat. Dengan pengolah angka, user dapat menyajikan data secara cepat dan tepat, baik dalam bentuk tabel maupun grafik. Beberapa contohnya antara lain : OpenOffice.Org Cal, Microsoft Excel, Lotus 123, dan lainya.

c.       Program aplikasi pengolah Presentasi
Program aplikasi pengolah presentasi adalah program aplikasi untuk merancang slide yang biasa digunakan untuk presentasi dalam suatu pertemuan. Hasil perancangan tersebut dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk media komunikasi seperti layar monitor, layar lebar melalui infocus, Head Projector, LCD, internet dan sebagainya. Dengan menggunakan fasilitas Animation Effects, Transition, Sound Effects dan fasilitas lainnya yang tersedia pada MS Power Point dapat membuat berbagai slide menjadi menarik dengan efek-efek yang tesedia tersebut. Beberapa contohnya antara lain : Microsoft Power Point, Open Office Impress, Macromedia Authorware dll.

d.      Program aplikasi pengolah data
Perangkat lunak ini berfungsi mengelola data yang besar. Dengan program pengolah data ini kita dapat secara cepat dan akurat memasukkan dan menyunting data, menyeleksi data dengan kriteria tertentu, membuat laporan data dengan kriteria tertentu dan lain-lain.Hasil penyimpanan dari program ini biasa di sebut basis data atau database, yang biasanya digunakan untuk pengolahan data instansi-instansi atau perusahaan. Contohnya : Microsoft Access, DBase, Foxpro, MySql, SqlServer dan lainnya.

e.       Program Aplikasi pengolah grafis
Program aplikasi pengolah grafis seperti namanya diperuntukan untuk membuat dan mengolah gambar. Program ini cocok untuk desain, periklanan dan percetakan. Contohna : Corel Draw, Photoshop, Freehand dan lain-lain.

f.       Program aplikasi Multimedia
            Seperti namanya program ini berfungsi untuk mengolah multimedia seperti audio maupun video. contoh : Winamp, WIndows Media Player, FLV Player dan lain-lain.

3. HARDWARE KOMPUTER     

            Perangkat keras komputer (computer hardware) adalah komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC).Biasanya perangkat-perangkat ini dirakit dan sebagian besar dimasukkan ke dalam sebuah casing komputer dan sebagian lain berada di luar casing. Pengertian perangkat keras komputer dan fungsi-fungsinya. Menurut wikipedia perangkat keras komputer atau hardware adalah perangkat pada komputer yang berbentuk fisik (dapat disentuh). Perangkat komputer sendiri dibedakan menjadi dua yaitu perangkat keras dan perangkat lunak istilah asingnya yaitu Hardware (perangkat keras) dan Software (Perangkat lunak). Harware sendiri berfungsi dengan baik dikarenakan adanya software sebagai sistem yang menjalankanya.

            Agar proses pembelajaran mengenai komputer lebih terarah adapun pengelompokan harware agar lebih mudah sesuai dengan fungsinya pada komputer. Berikut ini pengelompokan perangkat keras komputer agar lebih mudah dipahami:


1. Input Device : Perangkat input / masukan
2. Process Device : Perangkat yang menjalankan proses sistem komputer
3. Output Device : Perangkat output / keluaran, menghubungkan sistem keluar
4. Storage Device : Perangkat untuk menyimpan


Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap masing-masing pengelompokan tersebut:  
    
1. INPUT DEVICE

     Input device merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan, baik itu perintah maupun koneksi kedalam sistem komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk kategori input device, diantaranya adalah:
·      Keyboard : berfungsi untuk mengetik huruf an angka serta perintah pada komputer
·      Mouse : berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta menjalankan perintah dengan klik
·      Touchpad : Touchpad berfungsi layaknya mouse, touchpad ini biasanya sebagai pengganti mouse dan biasa di jumpai pada laptop. DLL...

2. PROCESS DEVICE
                        Perangkat ini merupakan perangkat yang berhubungan dengan fungsi pemrosesan dalam komputer itu sendiri.
·      CPU / Processor : merupakan singkatan dari central processing unit atau yang juga dikenal dengan istilah processor adalah bagian terpenting yang menjalankan sistem komputer. Bisa di ibaratkan sebagai otak pada komputer. Biasa juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari komputer. Fungsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhunya. Pada jenis-jenis CPU terbaru, sudah dilengkapi pula dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU, sebagai pengolah data-data grafis.
·      Memori / RAM (random access Memory) :  Memori merupakan perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara. Sehingga membuat pengaksesan data yang sama lebih cepat. Maka dari itu RAM besar berpegaruh pada kecepatan komputer. RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC yang sering kita temukan cukup beragam , mulai dari 256 MB (MegaBytes) – 16 GB (GigaBytes).
·      Motherboard :  Merupakan perangkat yang menghubungkan perangkat keras komputer antara satu dan yang lain. Motherboard/mainboard adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. Berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain. Fungsinya untuk menghubungkan seluruh komponen PC. Perangkat keras komputer lain semuanya melekat langsung pada slot motherboard atau setidaknya terhubung menggunakan kabel.
·      VGA Card (Video Graphic Array) : Biasa juga disebut kartu grafis yang berfugsi untuk memberikan tampilan berkualitas pada layar komputer. Biasanya setiap mainbord sudah memiliki VGA bawaan, namun untuk kualitas beresolusi tinggi yang jernih VGA Card sangat diperlukan. VGA card atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.
·      Power Supply:  berfungsi untuk menghantarkan aruslistrik sebagai pengontrol besarnya voltasi yang masuk ke komputer.
·      Casing Unit: Merupakan tempat dimana semua perangkat disatukan. 


3. OUTPUT DEVICE
                        Output device merupakan perangkat komputer yang memberikan output/keluaran, baik berupa tampilan visual, suara, maupun tampilan cetak, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk output device adalah:

·      Monitor/ Lcd Monitor : berfungsi untuk menampilkan proses komputer dalam bentuk visual/ gambar Disebut juga screen atau display. Fungsi dari layar monitor adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.

·      Speaker : befungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer

·      Printer : untuk mencetak pada media kertas, dan sebagainya


4. STORAGE DEVICE

            Peragkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer.

·      Hardisk : Perangkat penyimpanan utama pada komputer, biasanya tampil di komputer dengan sebutad Drive :C, Drive D, dan seterusnya. Tergantung pembagian partisinya. Hard-disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer. Sistem Operasi , aplikasi, dan dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hard-disk, namun menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

·      Floppy Disk : Biasa dikenal dengan sebutan disket, merupakan penyimpanan luar pertama, sangat populer semasa sitem DOS, lotus123, sistem komputer jaman dulu. Sekarang sudah jarang dijumpai dan mulai tergantikan oleh CD/DVD dan Flashdisk.

·      CD/DVD : Penyimpanan ekternal berbentuk piringan yang bisa menyimpan data.

·      Flashdisk : Perangkat penyimpanan eksternal yang saatini paling banyak digunakan karena bisa menyimpan dan menghapus data.



4. DATA / INFORMASI

Data merupakan salah satu hal utama yang dikaji dalam suatu system komputer. Penggunaan dan pemanfaatan data sudah mencakup banyak aspek. Dengan adanya data maka computer dapat berfungsi serta dapat digunakan sesuai dengan keperluan penggunanya. Jika dalam suatu system computer , tidak terdapat data, maka computer tersebut pun akan bingung mau dipergunakan untuk apa. Data yang di pakai dalam suatu system computer bisa berupa data numeric dan alphabet. Data numeric berisi angka angka, sedangkan data alphabet berupa huruf huruf.



Proses Perjalanan Data Pada Komputer :
·  Data (dapat berupa huruf, angka, gambar, atau desain grafis) dimasukkan ke dalam CPU (Central Processing Unit) oleh pengguna komputer melalui komponen input keyboard, scanner, atau mouse.
·  Di dalam CPU, terjadi proses komunikasi data yaitu data yang disampaikan ke program aplikasi segera diteruskan ke program sistem operasi. Oleh program sistem operasi, data ini diubah menjadi bahasa mesin yang bisa dimengerti oleh peralatan elektronik yang terdapat di dalam komputer.
·  Data-data tersebut kemudian oleh sistem operasi disampaikan pada software aplikasi  dan ditampilkan di layar monitor.


5.  PROSEDUR
            Dalam suatu system computer, pasti terdapat prosedur prosedur yang berbeda pada setiap bagiannya. Oleh karena itu pengguna harus mengetahui setiap prosedur yang sudah ditetapkan dalam system computer. Misalnya prosedur menyalakan computer, mematikan computer, mengoperasikan computer dan masih banyak prosedur yang lainya.



6.  KOMUNIKASI
            Untuk menjalankan suatu system computer diperlukan juga adanya komunikasi antara si pengguna dengan computer yang akan digunakan. Komputer walaupun secanggih apapun , pasti tak mungkin bisa berjalan sendiri. Agar computer dapat menjalankan program programnya, maka di perlukan bantuan manusia. Komunikasi yang dimagsud bisa berupa bersentuhannya langsung antara si pengguna dengan computer, entah itu lewat mouse, keyboard, dan lain lain.






C.   JENIS SISTEM KOMPUTER


-Komputer Mikro : Jenis computer kecil yang dapat diletakan di atas meja kerja dan mudah dipindahkan. Contohnya : PC, Notebook, Laptop, dll

-Komputer  Mini : Komputer ini memiliki daya cukup menengah dan lebih murah dibandingkan computer Mainframe. Dapat digunakan sebagai workstation atau terhubung dalam jaringan untuk melayani ratusan terminal dan banyak pengguna. Digunakan pada dunia bisnis, universitas, pabrik, lab riset dll.

-Komputer Mainframe : Komputer kategoribesar untuk menangani pengolahan data dalam jumlah besar dan kompleks, digunakan pada bisnis besar, militer, dan scientific.

-Komputer Super : Komputer kategori sangat besar, memiliki daya guna yang dapat mengerjakan pekerjaan komputasi kompleks dengan sangat cepat. Contoh : IBM RS/6000 SP, memiliki 2000 Prosesor . Digunakan di NASA , dll




















KONSEP DASAR SISTEM KOMPUTER


SKEMA DASAR SISTEM KOMPUTER                          
 













Empat komponen pokok sistem komputer:

1.    Pemroses
2.    Memori Utama
3.    Perangkat masukan dan keluaran
4.    Interkoneksi antar komponen












III
PENUTUP

A. KESIMPULAN

              Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari elemen Hardware, Software, Brainware, Data, Prosedur dan Komunikasi, yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

-Hardware : input device (mouse,keyboard,dll) , output device (monitor,speaker,dll)
                    storage device (hardisk,flopydisk,dll).
-Software   : perangkat lunak system (system operasi,bahasa pemrograman,program
                     utility,dll), perangkat lunak system (pengolah kata, angka, data,dll).
-Brainware : system analyst, programmer, administrator, operator, dll
-Data          : huruf, angka, gambar, dll.
-Prosedur    : cara cara untuk mengoperasikan system computer 
                     (menyalakan/mematikan computer,dll).
-Komunikasi: hubungan antara si pengguna dan computer (lewat sentuhan,dll).



 -Jenis system computer : computer mikro, computer mini, computer mainframe, computer super.





























IV
DAFTAR PUSTAKA


Referensi:

Melwin, Syafrizal Daulay, S.Kom ,”Mengenal Hardware Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer”, STMIK AMIKOM, Yogyakarta, 2007.
Jogiyanto, Hartono, MBA, Ph.D,”Pengenalan Komputer”, Edisi III, Yogyakarta, 1999.
Pardosi,Mico,”Merakit komputer”,Ecisi 1,Surabaya,2007.
Wanyono,Teguh,”Pengantar Organisasi Komputer”,Edisi 1,Yogyakarta,2007.
Suliyanta,Feri,”Komputer Forensik,”Edisi 1,Jakarta,2008.
Drs.Daryanto,”Pengetahuan Dasar Ilmu Komputer”,Cetakan VII,Bnadung,2007.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar